Sorot, Tebo  

Pelayanan Puskesmas Lubuk Mandarsah Dikeluhkan, SAD Muara Kilis Merasa Tidak Dilayani

Avatar
Puskesmas Lubuk Mandarsah. (INJ/Ist)

TEBO – Pelayanan di Puskesmas Lubuk Mandarsah kembali menjadi perbincangan warga. Kali ini, keluhan datang dari Suku Anak Dalam (SAD) Muara Kilis yang merasa tidak mendapat pelayanan maksimal saat membawa salah satu anggota keluarganya yang hendak melahirkan.

Iwan, perwakilan SAD Muara Kilis, mengatakan bahwa mereka datang ke Puskesmas Lubuk Mandarsah untuk mencari pertolongan persalinan. Namun bukannya ditangani, mereka justru diarahkan untuk pergi ke Puskesmas Mengupeh.

Baca Juga :  Bicang-Bincang Ketenagakerjaan, Ini Solusi Dari Agus-Nazar Setelah Dilantik Jadi Bupati dan Wakil Bupati

“Awak kesiko nak ngantar keluarga nak lahiran, tibo di puskesmas disuruh ke Puskesmas Mengupeh,” ujar Iwan menjelaskan kepada media ini, Kamis (6/11/2025).

Menanggapi keluhan tersebut, Media Infonegerijambi.id langsung melakukan konfirmasi melalui WhatsApp kepada Kepala Puskesmas Lubuk Mandarsah DWI HARIANTO,STr.Kep. dengan tegas membantah adanya penolakan terhadap warga SAD.

Baca Juga :  Residivis Bandar Narkoba Berhasil Di Tangkap Satresnarkoba PolresTebo, Sita Barang Bukti Sabu Seberat 1,61 Gram

“Tidak benar, Bang. SAD jika berobat pelayanan gratis. Informasi yang mau lahiran itu peserta BPJS, dan faskesnya Mengupeh,” jawab Kapus Lubuk Mandarsah.

Ia menjelaskan bahwa wilayah kerja Puskesmas Mengupeh memang mencakup hingga ke Muara Kilis sehingga peserta BPJS diarahkan sesuai faskes terdaftar. “Kalau memang urgen, selama ini sudah sering kami layani, termasuk rujukan ke RSUD juga gratis,” tambahnya.

Baca Juga :  Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tebo Hadiri Pelantikan di Jambi

Meski demikian, persoalan ini tetap menjadi catatan masyarakat agar pelayanan di Puskesmas Lubuk Mandarsah lebih jelas, terutama terkait aturan faskes dan penanganan darurat, sehingga warga termasuk SAD tidak kebingungan saat membutuhkan layanan kesehatan mendesak.***